Coffee Talk #3 : Concert Newbie

9:54 AM


"Apa sih bedanya nonton konser sama denger musik di rumah?
Harusnya sound lebih bagus kualitasnya di rekaman kan?
Kalau konser kan kamu harus repot beli tiket lagi, terus kalau performer-nya terkenal berarti harus rebutan beli tiket yang posisinya bagus"

Pertanyaan-pertanyaan itu selalu saya layangkan ke teman-teman yang pernah konser. Saya penasaran, apa sih yang bikin orang seneng banget nonton konser?

"EuphoriaFeel-nya beda, Bryn.."

Saya suka kok nonton festival musik. Tapi teman-teman saya bilang konser itu beda. Berhubung kondisi keuangan ga mendukung di masa-masa kuliah, akhirnya saya bertekad harus nonton konser setidaknya satu kali kalau sudah kerja nanti.


2015 Maroon5 sempat ada rencana untuk konser di Indonesia. Waktu itu saya berhasil beli tiket standing di area paling depannya panggung (how lucky was I for a first timer?). Ternyata konsernya batal karena bertepatan dengan malam Idul Adha.

Di 2016 akhir Coldplay mengeluarkan jadwal A Head Full of Dreams Tour dan ternyata ga ada Indonesia di listnya. Menyerah? Nope! Ada banyak jadwalnya kok di negara tetangga. Akhirnya saya menyebrang ke Singapura untuk nonton konser ini.

Satu kata untuk konser ini : GILA.




Walaupun gagal beli tiket untuk area standing dan akhirnya memilih duduk, vibe konsernya benar-benar bikin gemeter. Detik itu saya langsung ngeh apa yang teman saya maksud. Ya.. konser itu feel-nya yang dicari dan konser itu SERU! Dijamin kamu akan punya perasaan yang campur aduk post concert ketika denger lagu yang di perform di konser ini lagi.

Juni kemarin saya tiba-tiba dikirimi berita bahwa salah satu band KPOP (CNBLUE) berencana tur ke Indonesia. Kebetulan di masa kuliah, band ini salah satu yang saya ikuti karena lagu-lagunya enak. Akhirnya nonton konser lagi deh hahaha. Kali ini saya beli yang standing.


Untuk konser CNBLUE di Indonesia agak chaos di awal. Sistem penukaran tiketnya aneh, kami diminta untuk datang ke venue jam 8 pagi (tapi antrian fans sudah mulai dari jam 4 pagi loh! Ga kok, saya dateng jam 7 makanya masuknya agak belakangan) untuk menukar tiket dengan nomor urutan masuk/nomor kursi. Setelah dapat nomor antrian, nanti diminta kembali lagi untuk masuk venue jam 6 sore. Kalau waktu Coldplay itu nomor kursi otomatis keluar saat pembelian, sedangkan yang standing diminta untuk antri dari jam 11-an siang (first come first serve basis).

Yang paling ngeselin dari promotor Indonesia : NGARET.


Selain itu secara culture fans nya juga beda. Waktu konser Coldplay penonton datang, beli official merchandise di booth, nonton konser, pulang (dengan hati senang riang gembira sampai setidaknya 3 bulan ke depan dengerin playlist konser sambil senyum-senyum sendiri #curhat).

Di konser KPOP merchandise bisa di-pre order di web fanbase, lalu nanti orang-orang fanbase akan standby di suatu lokasi untuk pengambilan dan pembayaran merchandise. Tanpa booth. Cuma ada orang dan dus-dus gitu. Hmm.. Selain itu banyak freebies dari fans-fans yang iseng aja bikin sesuatu untuk dibagi-bagi gratis. Yang bikin saya kaget lagi adalah waktu saya nunggu giliran masuk, ada orang-orang dari (lagi-lagi) fanbase Indonesia yang menyebar semacam poster dan booklet untuk semua penonton. Isi bookletnya : instruksi khusus untuk dua lagu bagian mana kita harus ikut nyanyi dan bagian mana kita diminta teriak bareng (WHAT?!?). Kebingungan ini terjawab oleh Prisa (yang lebih ngerti KPOP) bahwa kalau di Korea konser itu penontonnya cuma nyanyi di bagian tertentu (chant) dan ga boleh nyanyi sepanjang lagu. Agak shock sih tapi konser kemarin ga ada yang ngikutin instruksi itu akhirnya..

salah satu freebies

sedeket ini sama panggungnya

Efek post concert itu bener-bener kerasa loh. Kedua konser ini bisa dibilang bikin saya makin suka sama bandnya. Performa mereka waktu di panggung akan nempel di otak kalian dan terulang waktu kalian denger lagunya - anywhere, anytime. Pantesan ya band rajin banget tur.. ini salah satu media marketing mereka untuk naikin penjualan album (dan merauk keuntungan dari penjualan tiket).

Kalian sudah pernah nonton konser?
Kalau belum pernah, coba deh setidaknya sekali!
(terus nanti ketagihan mau nonton konser lagi hahaha)

Thanks for reading!
-Bryna

You Might Also Like

0 comments

Subscribe