Japan Trip #6 - Happiest Place on Earth : Disneysea Tokyo!

6:06 PM


Saya menghabiskan dua hari terakhir perjalanan ini di Tokyo karena kami merasa lebih mudah untuk menuju ke Haneda dari sini daripada kami harus berangkat dari Kyoto atau Osaka. Hari pertama kami habiskan di Disneysea sementara hari kedua saya janji ketemu sama teman SMA yang tinggal di sini.

Tiket masuk Disneysea sudah kami beli di Disney Store Shibuya di awal perjalanan. Jadi kami tinggal masuk ke taman bermain di hari H.


Di Tokyo ada dua Disney Park : Disneysea dan Disneyland.

Disneyland Tokyo dibangun tahun 1983 mengikuti Disneyland di Amerika dan merupakan Disney Park pertama yang dibangun di luar Amerika. Nah kalau Disneysea Tokyo baru dibangun di tahun 2001. Disneysea targetnya adalah untuk orang dewasa dan anak-anak diatas 10 tahun, makanya wahana di sini lebih serem-serem dibandingkan Disneyland. Disneysea ini dibangun di Tokyo karena berdasarkan statistik penduduk, Jepang memiliki lebih banyak orang tua dibandingkan anak-anak kecil.

FYI, Disneysea satu-satunya di dunia cuma ada di Tokyo
This explained why I choose this over Disneyland right?




Can you spot Donald Duck?

Di Jepang sangat biasa untuk orang-orang menggunakan annual pass (tiket masuk yang berlaku satu tahun) jadi kalau ga ada kerjaan bisa main ke theme park tanpa bayar lagi (iri yaaa..) Selain itu jangan bingung kalau lihat pengunjung pakai aksesoris atau kostum sesuai karakter pilihannya secara total dari ujung kepala sampe ujung kaki. Bahkan banyak pasangan yang dandan ala Mickey-Minnie atau Donald-Daisy. Dan banyak yang pacaran di sini jadi yang single jangan baper yaa.. hahaha

Seperti biasa, saya dan Prisa "serius" main di Disneysea. Kocak deh sampai kita sudah milih duluan mau naik wahana apa saja plus strategi supaya bisa maksimal mainnya. Percayalah bahwa memaksimalkan waktu kamu di theme park adalah hal yang wajar. Bahkan ada yang buat blog tentang bagaimana cara menikmati Disneyland secara maksimal kalau kamu cuma beli one day pass (Yap. Kami ngikutin saran blog itu untuk pilihan wahana). Detail banget sampe jam makan dan snacking aja diatur. Gilaaaaa!!

Banyak anak kecil yang dipakein baju karakter Disney sama orangtuanya

Look at this cute nemo!

Sebelum pergi ke taman bermain sempatkan untuk mampir ke website-nya dan lihat jadwal perbaikan wahana supaya kamu siap waktu kesana. Sedih pastinya kalau kamu sudah bayar tiket tapi ternyata wahana yang mau kamu naiki sedang diperbaiki. Di web juga kamu bisa lihat kalau ada parade atau show seasonal. Kami pergi di saat temanya natal, jadi ada show Christmas Wishes tapi sedang tidak ada show Mystic Rythm. Selain itu, saat kamu masuk Disneysea lakukan dua hal ini :
1. Ambil peta Disneysea di gerbang masuk, pastikan kamu ambil bahasa yang kamu mengerti soalnya ada banyak versi
2. Ambil atau minta jadwal dan peta Parade dan Show

Beberapa wahana yang kami naiki di sini : Tower of Terror (semua orang bilang ini wajib dinaikin), Journey to The Center of the Earth (roller coaster indoor),  20,000 Leagues Under the Sea (efek yang dipakai menarik!), Big Band Beat (musical show), Caravan's Carousel (Try to ride on 2nd story for a better experience),  Fortress Exploration, dan Aquatopia.



Untuk Disneysea dan Disneyland sistemnya beda dengan Universal Studio (read more here : Japan Trip #3 - A Day in Universal Studios Japan). Di Disneysea dan Disneyland ada yang namanya fast pass untuk beberapa wahana favorit. Misalnya kamu mau naik Toy Story Mania, kamu bisa ambil fast pass pakai barcode di tiket masuk kamu terus nanti di tiket fast pass-nya akan ditulis jam berapa kamu bisa naik wahana itu. Di jam yang sudah ditentukan, kamu tinggal dateng ke wahananya terus melenggang (sambil diliatin iri sama yang antri) lewat jalur khusus fast pass. Jadi kamu bisa main yang lain dulu sambil nunggu jadwal naik wahana. Hitting two (or more) attractions with one stone!

Note : satu tiket hanya untuk satu fast pass dan selama belum lewat waktu yang tertera di fast pass kamu maka kamu GA BISA ambil fast pass untuk wahana lain.

Selain itu fast pass itu bisa habis ya guys.
Fast pass yang paling cepet habis : Toy Story Mania dan Tower of Terror.


Balik lagi ke cerita. Saking seriusnya kami ngerencanain strategi, saya diminta Prisa untuk langsung lari begitu masuk taman untuk ambil fast pass Tower of Terror (terus nurut aja lagi gue!) dan dia langsung antri buat Journey to the Center of the Earth (ini panjang amat sih namanya, berikutnya saya singkat aja ya). Teman-teman tolong dipahami waktu itu temperatur sekitar 9-11 derajat celcius dan berangin - sangat ga oke lari-lari di cuaca macem itu ya.. Saya literally lari muterin setengah Disneysea (ambil fast pass, terus lari nyusulin Prisa ke JTTCOTE - bayangin napas ngos-ngosan dada sakit kena angin dingin) terus pas sampe ternyata GA ADA ANTRIAN di JTTCOTE. Duduk manis aja gitu Prisanya di depan wahana. :'''''')

Indoor rollercoaster JTTCOTE ini membawa kamu turun ke perut bumi (ceritanya). Harusnya ada filmnya deh, tapi saya belum pernah nonton. Saya pribadi ga suka sama thrill ride tapi tetep naik ini karena wahana ini adalah salah satu best attraction di Disneysea Tokyo. Nantinya kereta kamu akan "dimuntahkan" sama Gunung Prometheus (suka lihat ada kereta yang sekilas keluar dari gunung-nya Disneysea? iya itu keretanya JTTCOTE). Spoiler : jatuhnya cuma satu kali kok. Oh, dan jatuhnya ga terduga jadiii... enjoy!



Dari JTTCOTE kami langsung ke 20,000 Leagues Under the Sea yang lokasinya persis di area yang sama. Nah kalau ini saya suka soalnya ga pake deg-degan. Efek pergerakan robot yang dipakai di wahana ini smooth banget! Kamu seolah-olah naik kapal selam dan melihat monster laut. Ride ini terinspirasi dari sebuah novel dengan judul yang sama karangan Jules Verne.

Lanjut ngopi dan makan turkey leg. Istirahat sebentar terus kami masuk Fortress Exploration sebelum akhirnya waktunya menggunakan fast pass Tower of Terror.



Sebelum ke Tower of Terror kami mampir ke Biglietteria untuk ambil lotre untuk seating number Big Band Beat. Menurutku Big Band Beat ini bagus untuk ditonton. Pastikan saja jadwal show-nya ga tabrakan dengan jadwal fast pass kamu.

Waktunya wahana utama : TOWER OF TERROR

foto ini bikin Tower of Terror kesannya serem banget ya

Malu cerita ini, tapi sebenernya saya ambil fast pass untuk Tower of Terror dua kali soalnya saya takut pas pertama kali naik. Saya ga suka banget sama wahana free fall dan ini salah satunya. Kalau kamu duduk atau lewat depannya, akan ada momen dimana bagian atas si tower ini terbuka diikuti sama teriakan. Jadi ternyata nanti kamu dibawa naik sampai setinggi tower dan "dikasih kesempatan" menikmati pemandangan Disneysea dari atas sebelum dijatuhin. Mules kan mikirinnya? Waktu pertama naik, saya sudah duduk dan sudah pakai safety belt-nya tapi langsung angkat tangan dan teriak "SUMIMASEN! I WANT TO GO OUT" *abis itu sembunyiin muka seharian*

Saya akhirnya keluar duluan dan Prisa tetap naik. Keluar-keluar Prisa bilang "Gue juga takut naik begituan. Tapi smooth kok! I'd love to ride that again" Berpikirlah si penakut ini dan akhirnya kami ambil fast pass lagi untuk naik. Yang kedua akhirnya saya naik kok. Tapi tetep serem soalnya memang dasarnya saya ga suka. Ga mau lagi deh naik ini.

Sebelum naik Tower of Terror kedua kalinya, saya mampir beli green man mochi ice cream yang maha imut dan terkenal itu. Isinya ada tiga dengan filling strawberry, coklat dan vanilla. Gerobak penjualnya ada di depan Tower of Terror (sebenernya di depan gerbang Toy Story Land sih tapi dua tempat ini tetanggaan). Jangan kesorean beli ini karena habisnya cepet banget.

Selepas tiga wahana utama target kami (JTTCOTE, 20,000 Leagues dan Tower of Terror) dan Big Band Beat, kami langsung melambat. Kami coba ambil fast pass untuk Toy Story Mania, tapi ternyata sudah habis. Akhirnya kami keliling Disneysea sambil hunting popcorn bucket lucu-lucu. Oh, kami juga ke Mermaid Lagoon - area paling warna-warni di Disneysea. Selain itu kami juga makan Chandu's Tail dan naik beberapa wahana yang kami lewati.


Sniffing Nemo/Dory themed area. Soon?
Chandu's Tail


Malamnya kami masih berusaha antri di Toy Story Mania yang berujung nihil. Kami antri sampai dua jam dan masih baru sampai di mulutnya Woody (di dalam masih antri lagi!!). Next visit saya harus naik ini!

Saran saya sih ambil fast pass untuk Toy Story terus antri normal untuk Tower of Terror di awal kamu masuk Disneysea. Dua wahana ini adalah yang paling ramai waktu saya datang.

Ada waktu kosong di sela naik wahana dan masih nunggu show? Kamu bisa mampir ke tempat foto dengan karakter Disney yang tersebar di sekitar area Disneysea. Jangan lupa dicek juga jadwal foto bareng per karakternya. Satu yang menarik dari badut-badut karakter Disney ini adalah mereka punya "personality" yang ditunjukkan tanpa perlu ngomong. Misalnya Minnie itu centil, nah badut Minnie yang kita temukan pasti tingkah dan gerak-geriknya centil. All out deh pokoknya akting orang-orang di dalam kostumnya (walaupun ga kelihatan mimiknya).



Show wajib : FANTASMIC

Show ini adalah show reguler Disneysea, semacam Once Upon A Time di Disneyland. Kamu bisa menonton show ini di sekitar Mediterranean Harbor. Visualnya bener-bener manjain mata. Mereka buat naga yang muncul dari dalam air dan terbentuk dari air mancur dan lampu. Plus naganya ngeluarin api! 




Secara keseluruhan sebenernya ga perlu se-"serius" dugaan kami. Di sela-sela main kami masih bisa break duduk minum kopi, nyemil dan foto-foto. Mungkin waktu kami ke sana sedang relatif sepi (waktu itu Jumat). Jujur kami ga bisa judge sepi atau ramai sih (saya pertama kali juga kesini). Kalau kalian ke sana di hari libur atau Sabtu Minggu ya kemungkinan ramai.

Santai aja guys, kami terlalu serius kemarin. Eh, tapi hasilnya kami bisa naik Tower of Terror dua kali sih hehehe

Sebelum pulang sempetin mampir deh ke toko souvenir. Di toko souvenir saya sempat tertarik untuk beli boneka Duffy dan Shelly Mae. Dua teddy bear ini adalah bonekanya Mickey dan Minnie. Saya hampiiiiiiirrr banget beli waktu itu, tapi mengurungkan niat karena rasanya ga perlu deh. Sekarang saya nyesel. Next time saya harus beli Duffy pokoknya!

Duffy dan Shelly Mae

---------------------------------------------------------------------------

You Might Also Like

2 comments

  1. Kebetulan pas naik JTTCOTE aku ngantri sampe hampir 2 jam hahaha. Untungnya bawa coklat sendiri di dalam tas buat cemilan kalo laper pas ngantri. Anyway, emang seru sih main ke Disney Sea, sehari gak cukup eksplor semua wahana :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dee, kamu kesana pas lagi rame banget ya? Yaampun lama banget itu 2 jam antri.. Untung aku kesana pas agak sepi sih. hahaha

      Delete

Subscribe