Japan Trip #4 - Kyoto Stroll

9:51 PM

Bermalam di Kyoto memang keputusan paling tepat sepanjang trip kami di Jepang. Sepulang dari USJ, saya bangun super pagi untuk mampir ke Kiyomizu-dera. Harusnya saya ke sini di hari kami sampai di Kyoto, tapi waktu itu hujan dan super ramai. Sekalian saya mau mampir ke % Arabica sebelum ramai (mau foto soalnya hehehe).

Bangun super pagi sekitar jam 5, langsung mandi dan jalan kaki ke Higashiyama. Walaupun jalanan dari arah jalan raya agak menanjak, percayalah ga berasa kok jalan kakinya karena udaranya sejuk. Jalanan di Higashiyama juga membantu mengalihkan capek soalnya super cantik.

Tadinya mau mampir langsung ke % Arabica, tapi ternyata kepagian sampai tempatnya. Saya sampai di sana sekitar jam 7 padahal % Arabica buka jam 8 pagi. Jadi saya lanjut jalan ke Kiyomizu-dera dulu.

Pagi itu Kiyomizu-dera sepi banget! (Secara masih pagi banget ya bo!) Toko di sekitarnya juga masih tutup, kebanyakan yang lagi rapi-rapi dan siap-siap buka. Waktu saya sampai, cuma ada sekitar tiga orang termasuk saya.

Pohon di sekitar Kiyomizu-dera sudah mulai rontok waktu saya kesana, jadi banyak botaknya. Walaupun agak botak-botak sana sini tetap cantik kok! Wajib banget masuk dan jalan muterin kuilnya karena jalannya cantik banget. Sepanjang jalan kanan kirinya pohon merah-merah. Cocok deh morning walk disini.

Kalau kamu menyusuri jalan setapaknya, nanti akan kembali lagi ke pintu utama kok (jalannya satu arah). Di dekat akhir nanti ada pancuran dan tempat doa. Waktu itu juga sedang ada study tour. Lucu ya lihat seragam sekolah di Jepang. Kaya di komik.

Di jalan pulang ke hostel, saya lewat Higashiyama lagi dan mampir ke % Arabica - yang sekarang sudah buka dan masih SEPI YAY!. Saya ga tahu udah berapa kali ngomongin coffee shop satu ini ke orang-orang sekitar saya. I CAN'T GET ENOUGH OF THIS ONE! Kali ini saya beli latte-nya (yang maha enak gapaham lagi!). Kata teman saya % ini ada juga di Arashiyama, lokasinya persis di depan Jembatan Togetsukyo. Sedih saya ga sempat ke Arashiyama di trip ini :( Next trip HARUS!

Pulang jalan pagi (sambil seruput-seruput latte enak hehehe), jemput Prisa di hostel dan kami pergi ke Fushimi Inari. Yep, si kuil dengan lebih dari 10,000 torii berjejer. Jalan setapak di kuil Shinto ini panjangnya sekitar 4 km dan trail-nya agak menanjak. Disini ema yang dipakai bentuknya ada dua macam : torii ema (bisa dibeli di pintu masuk kuil) dan bentuk rubah (bisa dibeli di tengah hiking trail). Selain ema, disini juga bisa beli omamori. Yep! Ada yang bentuknya kepala rubah lucu hihi

Saya akhirnya ga naik sampai atas soalnya mengejar waktu mau ke Sagano Scenic Railway. Kami cuma naik sedikit sampai torii gates-nya agak jarang. Makin ke atas katanya makin jarang torii-nya. Kalau diterusin full track sampai balik ke pintu utama bisa makan 2-3jam (jalan terus, ga pake berenti-berenti foto loh ya). Banyak yang bilang seharusnya saya naik sampai di Yotsutsuji Intersection karena pemandangan di view point itu bagus. Saya saranin sih alokasikan waktu agak panjang untuk Fushimi Inari supaya bisa menikmati keseluruhan.

souvenir boneka rubahnya lucu ya! :)

Berlanjut ke Sagano Scenic Railway yang gambarnya aduhai cantiknya di web. Sebenarnya bisa beli tiket di stasiun Saga Torokko (persis di depan stasiun Saga-Arashiyama), tapi saran saya sih beli online saja. Apalagi kalau mau duduk di gerbong terbuka (gerbong nomor 5). Kami beli tiket di stasiun dan ternyata hanya sisa tiket berdiri - tetap kami beli sih. Kami mengambil rute one way Kameoka Torokko - Saga Torokko supaya ga perlu bulak balik.

Setelah beli tiket, kami ke stasiun Saga-Arashiyama lagi untuk naik kereta ke stasiun Umahori. Dari stasiun Umahori perlu jalan kaki sekitar 10 menit ke stasiun Kameoka Torokko. Tinggal tunggu jadwal keberangkatan kereta Sagano deh di sana.

Sejujurnya saya sarankan untuk skip scenic railway ini karena ga sebagus itu, penuh banget karena mereka jual tiket berdiri, dan dingin. Setidaknya saya bersyukur sih ga dapet tiket gerbong nomor 5. Bayangin bekunya kaya apa ituuuu.. hahaha

Itinerary saya terlalu ambisius sebenarnya. Malah harusnya saya ke Arashiyama juga loh di hari ini (yang ga mungkin banget deh kejadian). Jadi, pastikan kamu kebayang akan berapa lama di suatu tempat dan berapa lama perjalanannya (ini penting!) soalnya saya banyak miss di perhitungan waktu perjalanan lokasi A ke B sampai banyak yang lokasi akhirnya ga kesampean didatengin.

Sesampainya di stasiun Saga Torokko, langit sudah mulai gelap. Kami akhirnya batal ke Arashiyama karena sudah terlalu gelap dan besok kami harus pergi pagi ke Hiroshima.

Di Hiroshima saya mampir ke museum TERBAGUS  yang pernah saya masuki seumur hidup saya. Tunggu postingan berikutnya ya! (diusahain lebih rajin nulis kok ini hiks) Thanks for reading!