Coffee Talk #5 - Crossroads

11:32 PM



Eh sekarang sudah 2018!

Pergantian tahun selalu jadi momen refleksi untuk saya. I know it sounds cliche, tapi sebagai orang yang (cukup) punya banyak ambisi, setiap akhir tahun saya selalu coba melihat ulang, mensyukuri apa yang baik dan mengevaluasi apa yang kurang lancar di tahun itu. Untuk saya target tahunan itu esensial karena saya jadi punya "tujuan" untuk dicapai.

2017 bisa dibilang tahun yang SUPER. Banyak banget pelajaran dan pengalaman yang saya peroleh tahun ini. Selain itu saya juga banyak men-tick poin-poin di bucket list. Saya juga banyak travelling di tahun 2017.


LOADS OF TRAVEL!

Harus diakui sepanjang saya hidup, 2017 adalah tahun dimana jumlah waktu jalan-jalan saya paling banyak dibanding sebelumnya. Bali, Singapura, Korea Selatan, Pulau Sangiang, Hong Kong, Jogjakarta.


Beberapa tempat memang sudah pernah saya kunjungi sebelumnya, tapi selalu ada pengalaman baru yang bisa di eksplor. Di Bali, saya pertama kalinya pergi ke Nusa Penida. Perjalanan ke Singapura kemarin adalah pertama kalinya saya bayarin mama dan adik saya jalan-jalan. Eksplorasi Jogjakarta kemarin juga cukup unik karena saya pertama kalinya pergi se-random itu.


Sejujurnya ga sadar kemarin kalau jadwal jalan di 2017 sebanyak itu. Agak kaget juga sih waktu bikin draft untuk post ini. "Wah banyak juga ya pergi-perginya! Pantes rekening sisa segini" (kemudian ketawa miris)

QUARTERLIFE CRISIS

Di tahun 2017 saya banyak galau dan sering dihadapkan dengan pilihan yang susaaaaaahhhhhhh banget buat dipilih. Personal, karir, keluarga, pertemanan, materi.. hampir di semua aspek. Saya cukup beruntung punya atasan yang mau mendengarkan keluh kesah saya dan punya teman-teman yang suportif (terutama teman-teman kantor saya yang lebih tua dan bisa kasih nasehat sambil ngeledek-ledekin). Orang tua saya juga cukup mau mengerti kalau anaknya lagi "kambuh".


Tahun ini saya banyak belajar untuk mengenal diri saya, mencari tahu apa keinginan saya dan belajar tentang prioritas. Kamu tidak bisa mendapatkan semua hal yang kamu mau. Sometimes you need to choose and sacrifice other irrelevant things. Pada akhirnya pegangan yang bisa kamu acu adalah tujuan besar hidupmu - which is why knowing yourself is a BASIC thing to do.


PENGALAMAN BARU

2017 kemarin, saya berhasil mencoret beberapa poin dari bucket list saya.

Saya (akhirnya) berhasil nonton konser band! Setelah drama setiap kali beli tiket konser, konsernya selalu batal, tahun 2017 konser band perdana saya adalah Coldplay di Singapura. Di akhir tahun secara random saya dapat berita kalau CNBLUE konser di ICE BSD. Jadi sekalian nonton deh..


Investasi perdana! Setelah proses panjang bulak-balik ke notaris, Puji Tuhan saya tahun 2017 akhirnya beli rumah pertama dengan gaji sendiri. Punya cicilan bulanan rutin membuat saya jadi semakin sadar kalau selama ini saya sangat tidak stabil secara finansial. Setiap kali lihat autodebet rasanya miris. PR terbesar 2018 untuk saya : benerin saldo rekening dan adjust spending habit!


Pengalaman baru lainnya adalah solo travel/Akhirnya saya mencoba pergi sendirian ke Hong Kong. Walaupun ada senang dan sedihnya, tapi pengalaman travelling sendiri ini jadi sesuatu yang perlu saya highlight di 2017. Saya juga mampir ke Disneyland Hong Kong (another one in list to cross off) waktu itu. Sendiri. Sedih ya? Hahaha. Pokoknya jangan deh ke theme park sendirian. Nanti nangis. (LOL)

Overall it's the best year I've ever experienced up until this moment.
How's your 2017? Ready to face 2018?

-Bryna

You Might Also Like

0 comments

Subscribe