Coffee Talk #4 - Reflection

8:15 PM


WARNING : Foto yang saya tampilkan di sini mungkin agak mengganggu untuk beberapa orang

Beberapa hari yang lalu ada teman saya yang mengeluh di insta story tentang jerawat di kulitnya. Saya langsung DM ngajak ngobrol karena memang saya punya pengalaman masalah jerawat juga. Dari obrolan itu akhirnya saya coba mencari foto lama waktu saya masih dilanda lautan cystic acne di sekujur wajah dan shock ternyata dulu pernah separah itu! Saya pikir ini bisa jadi bahan sharing juga di blog untuk teman-teman yang sedang atau pernah mengalami masalah kulit, jadi saya menulis post ini deh..

Saya sempat mengalami masalah jerawat juga 2016 silam dan menurut saya lumayan parah. Munculnya mendadak banget di awal tahun dan ga sembuh-sembuh (saya pikir jerawat hormonal yang akan reda sendiri, tapi ternyata bukan). Waktu itu saya sempat juga bulak-balik dokter bahkan jerawat saya disuntikin satu-satu sama dokternya (kebayang ga sih sakitnya disuntikin semua jerawat di muka satu-satu? :'( ). Terapi pakai accutane juga sempat saya jalani sekitar dua bulan (sampai bibir pecah-pecah ga karuan) tapi hasilnya nihil. Ini penampakan wajah saya waktu itu (waktu jerawatnya lagi agak kempes dan lagi besar-besar) :


Juli, 2016

Mungkin kalian akan bilang "Beauty comes from within kok.. Jangan ga pede. Cuek aja lagi", ngomong itu gampang kalau kalian ga mengalami secara langsung. Jujur, perubahan penampilan ini benar-benar bikin percaya diri saya terjun bebas. Saya benci sama cermin dan selalu berusaha menghindari cermin dimanapun karena sedih kalau lihat wajah saya berubah drastis. Tiap weekend saya selalu mendekam di rumah karena capek banget ditanyain sama semua orang tentang wajah saya. Belum lagi banyak teman-teman yang sok-sok nasehatin ke dokter A lah.. pakai produk X lah.. Percayalah ga ada yang mau menyimpan penyakit dan kami pasti sudah eksplor berbagai opsi. Mungkin kami kelihatan senyum-senyum saja kalau lagi ngobrol atau hang out, tapi ada kalanya kami bisa mendadak break down dan nangis sendiri (yang kejadian sama saya juga waktu tante saya ada yang bawel nasehatin saya untuk ke dokter padahal saya sudah ke dokter sana sini). Jadi untuk kalian yang kebetulan punya teman yang lagi kena masalah kulit, please tahan diri kalian dari berceramah sok tahu baik itu tentang skin care maupun tentang kepercayaan diri as if you know how we feel. Dan matanya tolong dikontrol ya guys.. kadang tatapan nanar atau iba dari kalian itu bikin kami makin tersayat-sayat. Cobalah bertindak normal, seolah-olah kami ga ada masalah apa-apa. Kalau kami butuh saran kalian, we'll ask.

Opsi suntikan tampaknya paling memberikan hasil (walaupun nantinya akan muncul lagi jerawat lain di tempat lain), jadi saya sudah pasrah dan siap mental sebulan sekali disuntikin. Sampai akhirnya saya pergi ke Jepang November 2016 lalu dan dipertemukan sama penyelamat kulit saya : LUSH.


Waktu itu saya pertama kali kenal Brand LUSH dan sejujurnya beli cuma karena iseng. Saya beli Herbalism (yang sampai sekarang jadi holy grail product dan wajib-harus-kudu punya stok) karena kata mbaknya itu cocok untuk kulit sensitif dan acne prone. Sejak saya pakai cleanser ini sampai sekarang (sudah hampir setahun ya berarti! wah cepet juga!) kulit saya berangsur-angsur membaik dan ga perlu lagi ke dokter!

keadaan kulit saya sekarang (Oktober, 2017)

Sekarang saya nambah regime saya dengan moisturizer (vanishing cream) dan sesekali maskeran pakai mask of magnaminty atau cosmetic warrior. Sejak kulit saya bermasalah, saya kurang tertarik coba-coba produk kecantikan dan selalu main aman (soalnya takut balik lagi penyakitnya huhuhu).

Begitulah akhirnya saya terselamatkan sama LUSH. Di pertengahan 2017 mulai banyak teman kerja yang sadar kalau wajah saya membaik dan nanya-nanya produk yang saya pakai. Sekarang banyak banget jadinya yang ikutan pakai LUSH! Mungkin kalau ini member get member, saya sudah kaya raya bergelimang harta hahahaha



Selalu ada sisi positif dari semua kejadian - untuk saya masalah kulit ini membuat saya belajar lebih hati-hati kalau pakai skin care. Sampai sekarang saya belum tahu kenapa wajah saya tiba-tiba bereaksi seperti itu dan muncul jerawat sebanyak itu - bahkan dokter pun ga bisa mendiagnosa dengan 100% akurat. Yang saya tahu saat ini masalah wajah saya sudah mereda, produk yang saya pakai saat ini cocok dan kalau mau tambah produk saya akan coba one product at a time. Lihat dulu reaksinya setelah dipakai beberapa saat secara rutin (saya mematok satu setengah bulan) sebelum mencoba menambah atau mengganti produk lain supaya bisa dilihat cocok atau tidaknya. Kulit setiap orang itu unik dan kamu ga bisa pukul rata reaksi kulitmu dengan kulit orang lain, so find your own cue.

Selain itu saya juga belajar untuk lebih toleran. Lebih menghargai orang lain karena setiap orang punya masalah masing-masing - baik itu fisik maupun mental. Always be kind, walau kadang masih iseng dan suka nyinyir, tapi saya berusaha untuk selalu mempertimbangkan perasaan orang lain sebelum (atau kadang setelah) bicara. Kalau keceplosan ngomong yang kurang menyenangkan atau dirasa berpotensi menyakiti hati orang, saya selalu berusaha untuk ngajak ngobrol orangnya dan tanya apakah ucapan saya menyakiti hati dia terus minta maaf deh.

Semoga sharing saya bermanfaat! :)

-Bryna

You Might Also Like

4 comments

  1. Brynaaa.. baca ini aku kayak flashback ke 3taon lalu.. kalo bisa mendekam aja ga kemana2, ke kantor pake masker saking malunya.. cuci muka kesakitan.. pas liat cermin ampe nangis gara2 hopeless ga sembuh dan makin parah.. dan part yg dinyinyirin tiap orang yg ketemu itu bener banget, pengen pake jubah harpot biar invisible kan..
    kalo yang disuntik itu dulu aku setiap seminggu kalo ga salah dan sepertinya itu yg bikin tambah parah deh. kempes stlh 3 hari, tp muncul lg double triple di sebelah2nya setelah itu..
    syukurlah kalo km skrg udah nemu yg cocok Bry.. semangat ya!! kujuga ingin sharing kisah kasih ama jerewi dr dulu tp ga kesampaian hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaa Jessie.. iya inget waktu aku ke Surabaya itu km udah mendingan tapi masih ke dokter ya?
      Bener banget jadi pengen invisible aja biar ga dikomentarin atau diliatin orang. Sharing lewat komik aja jes! kamu kan suka gambar hehehe

      Delete
    2. iya yang waktu kamu ke Surabaya itu aku lagi perawatan dokter (sudah dokter yg benar untungnya), tp cuma untuk facial aja biar cepet bersih dari nanah jerawatnya gitu.. bukan yang pake suntik2, ga pake minum obat (ini aku sih yang menolak keras haha), trs skincare nya pake brand2 yg ada di pasaran bukan racikan.. semakin ke sini semakin paham kondisi kulit sendiri jd udah bisa pilih2 yang pas.. hmm komik ya, masih belum siap kalo diposting di ig sih aw aw 😣

      Delete
    3. iya memang ya kalo perawatan kulit itu cocok-cocokan dan harus pelan-pelan belajar kulitnya sukanya sama apa.. reaksinya gimana.. harus baca-baca juga sih ya biar ga asal pilih..
      Ayo jes sharing ceritanya via IG! Aku tunggu! Huehehe

      Delete

Subscribe